Kamis, 12 Agustus 2010

Gang Dolly, Lokalisasi Terbesar di Asia Tenggara

Pasti banyak yangg pernah dengar namanya Gang Dolly yang terkenal itu. Bahkan saya tahu karena diceritakan guru saya yang pernah ke Surabaya. Biarpun saya sudah berada di Surabaya untuk mencari ilmu, saya masih belum tahu di mana Gang Dolly itu (Saya kan masih polos :p). Sebenarnya saya juga masih penasaran seperti apa Gang Dolly itu. Tapi saya masih belum ada waktu untuk berkeliaran keliling Surabaya, dan juga sepertinya Gang Dolly ini jauh dari tempat saya berada saat ini.

Gang Dolly merupakan lokalisasi atau tempat pelacuran terbesar di Asia Tenggara. Telah mengalahkan Patpong di Bangkok, Thailand, dan Geylang di Singapura.

Gang Dolly ini sudah ada sejak zaman Belanda dan dikelola oleh seorang perempuan keturunan Belanda yang dikenal dengan nama Tante Dolly van der mart. Entah bagaimana tempat ini menjadi besar, terkenal dan bahkan terkadang menjadi sasaran wisata oleh turis asing. Gang Dolly terletak di daerah Jarak, Pasar Kembang, Surabaya.

Wanita penghibur yang bekerja di daerah ini "dipajang" di ruangan berdinding kaca seperti etalase. Berbagai macam aktivitas juga mendukung keramaian Gang Dolly ini. Selain kegiatan "menjajakan diri" para wanita penghibur, ada juga keramaian dari tukang parkir, penjaja rokok, tukang becak, pemilik warung, dan tempat hiburan seperti pub dan cafe juga meramaikan tempat ini sebagai tempat dari sumber mata pencarian mereka.

Mengapa tempat seperti ini belum juga hilang? Apakah pemerintah yang menjaganya? Tentu untuk menghilangkan tempat ini perlu ada dukungan dari berbagai pihak. Baik pemerintah, swasta, masyarakat, dan pihak lainnya harus berkoordinasi dan bekerja sama. Tempat ini masih berdiri hingga menjadi besar tentu karena salah satu pihak diam saja atau justru mendukung adanya tempat ini.

Sumber : Dari berbagai Sumber

1 komentar:

  1. di jakarta dulu juga ada, lupa namanya

    sekarang sudah jadi islamic center tempatnya -- Alhamdulillah

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar Anda sesuka Anda. Dengan menulis komentar kita bisa saling berbagi. Mohon diingat tentang etika. Mohon maaf jika saya menghapus komentar Anda jika tidak pantas ^.^