Selasa, 03 Mei 2011

Prediksi Kematian dari Lingkar Pinggang

Kegemukan atau obesitas sejak lama telah dikenal sebagai salah faktor risiko penyakit jantung. Para dokter kerap memperhitungkan obesitas dalam menilai risiko seseorang mengidap penyakit jantung.


Obesitas di antaranya dapat diketahui dengan melakukan pengukuran BMI (body mass index). Ini adalah pengukuran sederhana dengan cara membagi nilai tinggi badan dengan ukuran berat yang dipangkatkan. Semakin besar skor BMI seseorang, semakin besar kemungkinannya masuk dalam kategori obesitas.
Sejumlah penelitian mengindikasikan, tingginya skor BMI berkaitan dengan risiko lebih rendah meninggal akibat sakit jantung atau akibat penyakit kronis. Ini merupakan fenomena misterius yang dikenal dengan istilah "paradoks obesitas"

Menurut analisa para ahli yang dimuat  Journal of the American College of Cardiology, paradoks ini tampaknya dapat dijelaskan dengan fakta sederhana bahwa  BMI tidaklah cukup akurat untuk mengukur risiko yang berkaitan dengan penyakit jantung.  Ukuran lingkar pinggang, kata para ahli, justru dapat memberi petunjuk yang lebih akurat dalam memprediksi risiko kematian pasien jantung akibat serangan di usia muda atau pun penyebab lainnya.

Dalam sebuah penelitian para ahli di Mayo Clinic Rochester, Minnesota AS,  pasien penyakit jantung dengan ukuran lingkar pinggang lebih besar dari 35 inci pada wanita atau 40 inci pada pria,  memiliki  70 persen risiko lebih besar meninggal lebih cepat selama ketimbang yang lingkar pinggangnya lebih kecil.  Ukuran lingkar pinggang yang besar dikombinasikan dengan tingginya  skor BMI bahkan membuat risiko kematian jauh lebih besar.

"Hal paling penting dibandingkan yang lain kemungkinannya adalah distribusi lemak," kata peneliti Francisco Lopez-Jimenez, M.D., peneliti yang juga ahli jantung di Mayo Clinic Rochester.
Penelitian terbaru ini menyediakan bukti lain bahwa BMI punya banyak keterbatasan dalam menilai risiko penyakit jantung, kata Jean-Pierre Després, Ph.D.,  direktur riset di Quebec Heart and Lung Institute, Laval University, Quebec City.

"Jika Anda mengukur BMI, Anda tidak akan menilai bentuk tubuh, Anda tidak melihat distribusi lemak ,"  kata Després, yang menulis sebuah editorial yang menyertai laporan riset ini.
"Saya tidak mengatakan bahwa BMI tak berguna. Hanya saja, kita perlu yang lebih dari itu. BMI adalah total kolesterol dalam lemak. Kita tahu bahwa ada kolesterol yang baik dan kolesterol buruk,  ada lemak jahat dan lemak baik."

Selain itu, lanjut Despres, BMI juga tidak dapat membedakan antara lemak dan otot. Pasien jantung yang menjalani gaya hidup sedentari atau kurang aktif mungkin mencatat BMI yang rendah karena mereka kehilangan massa otot, paparnya, sedangkan pasien jantung yang memiliki gaya hidup aktif mungkin akan mengalami penambahan berat dan peningkatan  BMI karena mereka menambah otot tak berlemak.
Hasil temuan ini juga memicu perdebatan seputar bentuk tubuh dan risiko mengidap penyakit jantung. Beberapa penelitian lain mengindikasikan, mereka yang  memiliki tubuh apel dengan timbunan lemak di daerah perut berisiko lebih besar mengidap sakit jantung dibanding mereka yang tubuhnya berbentuk pir. Namun teori ini dipertanyakan oleh para ahli.

Lopez-Jimenez dan timnya menganalisis  data sekitar 16,000 pasien jantung yang berpartisipasi dalam satu dari empat studi dan program rehabilitasi jantung di Mayo Clinic.  Lebih dari sepertiga pasien tercatat meninggal selama penelitian, dengan rentang waktu  antara enam bulan hingga  tujuh tahun.
Tingginya nilai BMI berkaitan dengan 35 persen risiko lebih rendah mengalami kematian, tetapi memiliki lingkar pinggang yang besar ditambah dengan tingginya nilai  BMI membuat risiko kematian melonjak hingga dua kali lipat.

Kenapa lemak di perut begitu jahat? Peneliti menjelaskan bahwa lemak perut adalah tanda dari lemak visceral atau lemak yang berkumpul di sekitar organ-organ di abdomen atau perut.  Lemak-lemak inilah yang  dapat memicu resistensi insulin  dan meningkatnya jumlah kolesterol jahat selain juga dapat merangsang peradangan.
Faktor genetik memainkan peran sangat kuat dalam menentukan  apakah seseorang dapat menimbun lemak pada sekitar pinggang, kata Després.  Ia memperkirakan sekitar  30 persen  populasi memiliki kecenderungan menimbun lemak pada tempat yang tidak diiinginkan tersebut.

1 komentar:

  1. untunglah lingkar pinggang saya kecil. hehehe. maklum, kurus sih.. jadi semoga juga terhindar dari penyakit2 itu.. amien

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar Anda sesuka Anda. Dengan menulis komentar kita bisa saling berbagi. Mohon diingat tentang etika. Mohon maaf jika saya menghapus komentar Anda jika tidak pantas ^.^